Inilah Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet

Posted by

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet

Informasi Doang - Jika selama ini anda berpikir bahwa toilet adalah tempat terkotor di rumah anda, itu salah besar loh. Dan pada kenyataannya, terdapat tempat atau benda lain yang justru lebih kotor dibandingkan toilet.

Chuck Gerba, profesor bidang mikrobiologi di University of Arizona, mengatakan bahwa di tempat duduk toilet hanya terdapat sekitar 50 bakteri saja. Dan menurutnya, "Tempat duduk toilet adalah salah satu tempat terbersih jika kita berbicara tentang mikroorganisme. Tidak banyak tempat yang lebih bersih daripada toilet bila bicara soal kuman", kata Chuck Gerba.

Apa sajakah tempat yang lebih kotor dari toilet tersebut? Nah berikut adalah 9 benda atau tempat yang lebih kotor dibandingkan toilet seperti dilansir CNN Indonesia :

1. Gagang Pintu Kamar Mandi

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Gagang Pintu

Jika anda beranggapan bahwa tempat duduk toilet memiliki jumlah bakteri lebih banyak daripada gagang pintu kamar mandi, itu salah besar. Dan pada kenyataannya, sebuah gagang pintu kamar mandi justru memiliki jumlah bakteri 21 kali lebih banyak dibandingkan tempat duduk toilet.

2. Karpet

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Karpet

Jika biasanya anda sering tidur-tiduran di karpet atau pun berkumpul dengan keluarga di karpet, sebaiknya kurangi lah melakukan aktivitas anda di karpet karena bakteri sangat suka bersarang di karpet.
Dan penelitian telah membuktikan bahwa di karpet terdapat 200 ribu bakteri per inci.

3. Tas

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Tas
Tas yang selama ini anda bawa-bawa kemana pun anda pergi, ternyata memiliki bakteri yang biasa ditemukan di lantai toilet loh. Dan berdasarkan penelitian, pada tas terdapat pula virus yang mengakibatkan diare dan demam.

4. Tempat Makan Hewan Peliharaan

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Tempat Makan Hewan

Menurut organisasi kesehatan publik NSF International, tempat makan hewan peliharaan merupakan benda terkotor ke 4 di dalam rumah. Oleh sebab itu, jika anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya anda tidak hanya membersihkan kandangnya saja tapi juga rajin-rajin lah untuk membersihkan tempat makannya. Dan untuk mendapatkan hasil terbersih, cucilah tempat makannya dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur sabun seusai penggunaan.

5. Papan Tempat Memotong Sayur dan Daging


Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Talenan

Ternyata papan yang biasa anda gunakan untuk memotong sayur dan daging selama ini adalah benda yang penuh kuman dan bakteri loh. Karena dalam proses menyiapkan makanan mentah sebelum masuk dalam tahap memasak merupakan proses yang penuh kuman dan bakteri.
Apalagi ketika anda mencuci daging dengan air, hal tersebut tidak membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di dalam daging tetapi justru membuat kuman dan bakteri menyebar ke peralatan memasak anda yang lain bersama air tersebut.
Dan menurut Chuck Gerba, "Kuman di papan itu 200 kali lebih banyak daripada di toilet".

6. Mesin Cuci

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Mesin Cuci
Tanpa anda sadari, ternyata mesin cuci merupakan tempat bersarangnya jutaan bakteri loh. Bakteri-bakteri tersebut berasal dari pakaian dalam. Dan air yang terdapat di dalam mesin cuci merupakan tempat berkumpulnya bakteri E.coli.
Untuk menghindari mesin cuci anda dari bakteri-bakteri tersebut, sebaiknya mulai sekarang rajin-rajinlah membilas mesin cuci anda dengan air hangat.

7. Handuk

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Handuk
Para peneliti mengungkapkan bahwa bakteri butuh 3 hal untuk bertahan hidup, yaitu kelembaban, kehangatan, dan materi organik. Dan oleh sebab itu, handuk merupakan tempat tinggal yang tepat bagi bakteri untuk berkembang.
Untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut, para peneliti menyarankan untuk mencuci handuk anda setidaknya seminggu sekali dalam temperatur yang tinggi.

8. Spons untuk Mencuci Piring

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Spons
Spons untuk mencuci piring merupakan benda terkotor yang berada di dapur. Karena ternyata, pada spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring mengandung bakteri 200 ribu kali lebih banyak dari tempat duduk toilet.
Dan untuk menghilangkan bakteri-bakteri tersebut, para peneliti menyarankan untuk menaruh spons basah di oven microwave. Jika tidak memiliki oven, cukup dengan membilasnya dengan air bertemperatur tinggi.

9. Telepon Seluler

Tempat yang Lebih Kotor dari Toilet yaitu Ponsel
Siapa sangka ponsel yang selama ini selalu menemani hari-hari anda merupakan salah satu benda yang penuh bakteri dan kuman. Chuck Gerba mengatakan bahwa virus yang menempel di telepon seluler dapat bertahan selama seminggu.
"Bakteri di telepon seluler 400 kali lebih banyak daripada di toilet", kata Chuck Gerba.

Nah, itulah tadi sedikit ulasan tentang tempat yang lebih kotor dari toilet. Bagaimana apakah sebelumnya anda sudah membersihkan ke 9 benda tersebut? Jika belum, berhati-hatilah karena bakteri dan kuman sedang bersarang di tempat-tempat tersebut. Hehe :D

Semoga setelah membaca artikel ini, anda semakin rajin menjaga kebersihan di sekeliling anda dan semoga juga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. :)
Akhir kata, terima kasih atas waktu kunjungannya sob. Hehe

Salam,


Blog, Updated at: 17:31

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Powered by Blogger.